Home » , » Sri Lintang: Tanpa Agama Pancasila Tak Bermakna

Sri Lintang: Tanpa Agama Pancasila Tak Bermakna

Written By Admin on Kamis, 13 Februari 2020 | 17.48

Setu--Pernyataan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof Yudian Wahyudi, yang mengatakan musuh terbesar Pancasila adalah agama telah menuai kontroversi. Terlebih Yudian juga seorang rektor pada perguruan tinggi agama negeri di Yogyakarta, pernyataannya menjadi ironi.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Tangerang Selatan Sri Lintang Rosi Aryani ikut prihatin dan menyesalkan pernyataan Kepala BPIP yang belum lama dilantik Presiden menggantikan pendahulunya Yudi Latief tersebut. "Pernyataan Kepala BPIP itu sangat naif, provokatif, dan berpotensi memecah belah persatuan bangsa,” katanya. 

Menurut Lintang, pernyataan yang bernada kontroversial itu tidak saja berimbas pada kehidupan berbangsa dan bernegara di tingkat nasional, tetapi juga bisa melebar ke tingkat daerah. Padahal, tegasnya, hubungan antara agama dengan Pancasila sudah final dan tidak perlu dipermasalahkan lagi. “Pancasila tanpa agama tak bermakna, karena nilai-nilai Pancasila bersumber dari agama dan budaya bangsa,” tandasnya.

Munculnya pernyataan tersebut, kata Lintang, dikhawatirkan dapat memicu perdebatan yang tak perlu dan menguras energi di kalangan masyarakat. Oleh karena itu, dia berharap Kepala BPIP mencabut pernyataannya tersebut dan meminta maaf jika memang bertentangan dengan sikap dan pandangan seorang tokoh lembaga negara yang semestinya memahami persoalan mendasar ideologi bangsa dan negara.

“Semestinya hubungan agama dan Pancasila jangan diungkit-ungkit lagi sebagai hal yang bertolak belakang. Sebab, hubungan keduanya sudah disepakati oleh tokoh-tokoh dan pemuka agama dalam pandangan mereka tentang NKRI yang berdasarkan Pancasila,” tegasnya.

Lintang meyakini bahwa para tokoh dan pemuka agama tersebut telah sepakat bahwa Pancasila yang menjadi dasar NKRI merupakan kenyataan teologis, filosofis, dan historis yang memandang agama erat sekali hubungannya dengan Pancasila.*
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. PKS Kota Tangerang Selatan
Proudly powered by HUMAS_PKS_TANGSEL