Home » , , » Tinjau Paska dan Evaluasi Penanganan Banjir, Lintang Rosi dan Rombongan Sambangi Kantor Kelurahan Pisangan

Tinjau Paska dan Evaluasi Penanganan Banjir, Lintang Rosi dan Rombongan Sambangi Kantor Kelurahan Pisangan

Written By Admin on Kamis, 09 Januari 2020 | 06.21

Ciputat Timur — Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Tangerang Selatan dari dapil VI Ciputat Timur, Lintang Rosi Aryani beserta anggota fraksi lain sesama dapil menyambangi  Kantor Kelurahan Pisangan untuk mengetahui bagaimana proses dan penanganan bencana banjir yang menerjang wilayah Pisangan, Rabu (8/1)


Kelurahan Pisangan menjadi perhatian khusus tim karena daerah tersebut memiliki titik banjir terbanyak di dapil Ciputat Timur. Karena itu tim ingin memastikan apa saja yang sudah dilakukan aparat kelurahan, serta memastikan bagaimana kerjasama antara aparat kelurahan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah bekerja dengan baik.
Rombongan DPRD diterima Lurah Pisangan Apriliadhi Kusumah. Saat audiensi Apriliadhi memberikan data-data mengenai banjir yang terjadi dan agenda penanganannya. Dia menjelaskan ada lima titik terdampak banjir di Pisangan, yaitu Jl. H.Kipin RT 06/ RW 01, RW 09 Pondok Hijau, Jl. Mandor Baret RT 08/RW 07, Jl. Bungur RT 05/ RW 08, dan Komplek Legoso Permai  RT 04/ RW 11. 
“Banjir yang sempat terjadi di Kelurahan Pisangan bervariasi ketinggiannya, mulai dari yang setinggi mata kaki hingga setinggi lutut orang dewasa,” ujar Apriliadhi sembari menunjukkan foto-foto saat banjir dan paska banjir.
Menurutnya, penanganan bencana banjir yang sudah dilakukan pihak kelurahan antara lain membuat posko banjir untuk menampung bantuan dari masyarakat, peninjauan lokasi bencana bersama Camat dan anggota DPRD Kota Tangerang Selatan, membuat dapur umum, serta mendirikan Posko Kesehatan yang bekerjasama dengan Puskesmas Pisangan.


Banjir di awal tahun 2020 ini, lanjut Apriliadhi, juga menimbulkan dampak di beberapa titik Kelurahan Pisangan, antara lain terkikisnya aspal di RT 08 / RW 07, penumpukan sampah di RT 08 / RW 07, amblesnya musholla Al-Anwar di RT 06 / RW 01, aspal yang mengelupas di RT 06 / RW 09 Pondok Hijau, serta jebolnya turab di komplek Telkom Legoso. 
Pihaknya memberikan saran dan masukan kepada masyarakat sebagai langkah-langkah preventif terhadap banjir. Pertama, perlu adanya minimal satu perahu karet di Kelurahan Pisangan sebagai antisipasi yang nantinya bisa dengan cepat digunakan untuk evakuasi warga terkena dampak banjir. 
Kedua, perlu adanya revitalisasi tanggul di sekitaran Kali Pondok Hijau. Ketiga, perlu perbaikan dan pelebaran saluran air yang menyempit di sekitaran jl. Legoso Raya dan saluran air di RT 04 / RW 11. Terakhir, perlu adanya pembangunan pintu air dan pengerukan lumpur sepanjang Kali Pondok Hijau.
Lurah Pisangan tersebut juga mengeluhkan masih adanya komplek perumahan yang dibangun di tanah resapan tanpa seizin pemerintah daerah setempat. 
Terhadap aduan tersebut Lintang berharap aparat pemerintah untuk lebih tegas lagi dalam melarang pembangunan apa pun di tanah resapan maupun di sekitaran sungai atau situ. “Maka dari itu, juga perlu adanya pengecekan perizinan pembangunan perumahan dan tanah resapan tidak boleh dibangun, tanah tersebut harusnya dibeli sama pemerintah Kota Tangsel,” tandas Lintang. 
Lintang sepakat dengan usulan Apriliadhi untuk diadakan pembangunan sumur resapan di rumah-rumah warga dan pelatihan biopori untuk warga.
Apriliadhi mengapresiasi kunjungan rombongan anggota DPRD Kota Tangerang Selatan kali ini dan mengaku penanganan banjir di Kelurahan Pisangan sudah dilakukan secara baik dengan bekerja sama dengan OPD. “Untuk OPD sudah bekerja dengan maksimal dan tercepat bersama kami dalam menanggulangi banjir di Pisangan,” kata Apriliadhi. (NA)

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. PKS Kota Tangerang Selatan
Proudly powered by Blogger