Home » » Bidpuan PKS Piyungan Adakan Penyuluhan Kanker

Bidpuan PKS Piyungan Adakan Penyuluhan Kanker

Written By PKS Tangerang Selatan on Rabu, 22 Februari 2012 | 22.48

Kesibukan sebagai dosen di salah satu sekolah tinggi di Kabupaten Bantul tak lantas membuat Marmik, A. Md., S. ST. atau yang akrab dipanggil mbak Ami melulu berkutat dengan pekerjaan di dalam kantor maupun ruang kuliah. Dihubungi secara mendadak oleh penanggung jawab PWK Duren, Dusun Kaligatuk untuk memberikan materi bagi ibu-ibu peserta pada hari, beliau pun langsung menyanggupi.

Pada hari H, Ahad Pahing 20 November 2011, awan mendung memayungi wilayah Piyungan sehingga perjalan yang naik turun menuju ke lokasi cukup sejuk tanpa sengatan matahari sebagaimana hari-hari biasanya. Tidak lebih dari setengah jam akhirnya finish di kediaman ibu Wagirah, salah satu warga RT 02, dusun Duren, yang menjadi tuan rumah.

Ibu-ibu yang berjumlah tidak kurang dari 40 orang telah memenuhi ruangan dan tengah melangsungkan agenda rutin yaitu arisan. Sembari menunggu arisan usai, muslimah yang saat ini tinggal di wilayah Madugondo, Sitimulyo, Piyungan tersebut menikmati teh hangat beserta ubo rampe khas kampong yang telah disajikan oleh tuan rumah.

Tak lebih dari 10 menit kemudian mbak Ami bersiap untuk menyampaikan materi yang sebelumnya direquest oleh Pembina PKK setempat, Ibu Pur, yaitu tentang kanker serviks. Tema yang barangkali masih sangat asing bagi ibu-ibu di kampung yang umumnya akses informasi masih rendah. Dengan gaya bicaranya yang khas, gado-gado Sunda-Jawa-Indonesia, menjadikan daya tarik tersendiri bagi ibu-ibu sehingga antusias mengikuti penyampaian dari alumnus Politeknik Kesehatan Yogyakarta ini.

Setelah memberikan gambaran tentang leher rahim (serviks), beliau melanjutkan pemaparannya mengenai penyebab kanker serviks, gejala yang muncul hingga pencegahan serta penanganannya.

Dari kegiatan tersebut diharapkan kaum perempuan terutama ibu bukan menjadi takut dan khawatir tetapi sebaliknya, mereka menjadi lebih waspada dan berhati-hati terhadap faktor pemicu kanker penyebab kematian nomor wahid bagi wanita di Indonesia tersebut.

*)Reporter: Novi Srimulyani

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2015. PKS Kota Tangerang Selatan
Proudly powered by Blogger